Mengatasi Gurame Jamuran

Radang insang dan infeksi jamur merupakan salah satu momok bagi pembudidaya gurame. Jika tidak segera diatasi, gurame yang terkena penyakit ini selanjutnya akan stres dan dapat menyebabkan kematian. Ini tentunya menjadi kerugian yang sangat besar bagi pembudidaya gurame.

Setiap pembudidaya gurame umumnya sudah memiliki ‘resep’ untuk mengobati infeksi jamur dan radang insang. Beberapa pembudidaya ada yang menggunakan obat racikan pabrik untuk mengobati penyakit tersebut. Sedangkan pembudidaya gurame yang tidak ingin guramenya ‘tercemar’ bahan kimia biasanya memanfaatkan tanaman herbal.

ikan gurame
ikan gurame

Mencegah Gurame Stress, Terkena Jamur & Radang Insang

Berikut ini adalah tips mengatasi penyakit jamur dan radang insang/busuk insang yang diterapkan oleh Gosis Siswanto. Gosis adalah salah seorang pembenih gurami yang berasal dari Jambidan Bantul yang telah lama dikenal sebagai kampung budidaya gurami di Yogyakarta.

Sebagai tindakan pencegahan gurami stres, terkena jamur atau radang insang, Gosis memberikan setengah botol Bendoz-A untuk kolam ukuran 2×3 yang ditebarkan 3 jam sebelum benih gurami masuk kolam.

Mengobati Gurami Terkena Jamur

Gurame terkena jamur biasanya ditandai dengan munculnya serabut berwarna putih, krem atau coklat menyerupai kapas pada tubuh, sirip atau mulut ikan. Untuk mengatasi gurami yang terkena jamur, Gosis mengandalkan garam ikan dan Bendoz-A. Caranya Gurami yang terkena jamur dimasukkan ke dalam ember atau wadah khusus yang berisi larutan garam ikan 1 kg, Bendoz A 1-2 tutup botol dan 10 liter air.

Rendam gurami yang sakit selama kurang lebih 0.5 menit atau cek gerakan ikan. Jika gurame yang sakit tersebut gerakannya sudah mulai terlihat lincah kembali, selanjutnya ikan tersebut bisa dimasukkan ke kolam lain yang steril dari jamur. Larutan garam ikan yang digunakan sebelumnya juga ikut dimasukkan ke kolam yang baru.

Mengobati Gurami Sakit Radang Insang

Gurami yang sakit karena radang insang/busuk insang biasanya akan lebih sering berada di permukaan kolam untuk mengambil nafas dan membuat gelembung udara (jawa : mlupuk). Selain itu gurame yang sakit ditandai dengan gerakan yang lemah dan nafsu makan turun bahkan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi yang lebih parah bisanya gurami hanya mengambang/menggantung di permukaan air dan bila bergerak oleng.

Ada beberapa perlakuan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gurame yang terkena radang insang. Secara garis besar perlakuan untuk gurame yang terkena radang insang yang diaplikasikan adalah :

  • Kurangi kepadatan gurami di dalam kolam
  • Ganti separuh air kolam dengan air baru atau bisa juga gurami dipindah ke kolam lain yang sebelumnya telah diberi 1 tutup botol Bendoz-A.
  • Selama perlakuan ini pakan pelet dihentikan dulu dan gurami cukup diberi pakan daun.
  • Jika dalam waktu 3-4 hari sudah tidak lagi ditemui gurame yang mengambang di permukaan air maka pemberian pelet sudah bisa dilanjutkan kembali.

sumber: www.ikan.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *